100 Tahun Setelah Aku Mati #59 - Komitmen Kami - Cerita Seram Kaskus

100 Tahun Setelah Aku Mati #59 - Komitmen Kami

Senin pagi, hari itu genap seminggu setelah saya memohon restu kepada om hamzah untuk melamar risa, dan sudah disepakati prosesi lamaran akan dilaksanakan seminggu dari sekarang, pada umumnya hari senin adalah hari yang sibuk, tapi tidak denganku yang berstatus pengangguran paruh waktu, saya tengah mengalami sindrom pusing tujuh keliling, kenapa? Tentu saja karena status saya ini, status sebagai pengangguran yang nekat melamar anak orang, lebih2 anak seorang perwira, kira2 bagaimana jawaban om hamzah jika ditanya rekan kerjanya perihal pekerjaan calon mantunya? Enggak, saya nggak akan membuat om hamzah malu, paling tidak saya harus berusaha mendapat pekerjaan atau jika kepepet saya akan membuka usaha kecil, walaupun entah apapun itu, mengingat uang yang saya pegang tidak banyak, hanya cukup untuk hidup selama beberapa bulan dan membiayai sebagian kebutuhan lamaran minggu depan.
status saya butuh status bekerja.. gumam saya berkali-kali, saya mondar mandir di ruang tamu sambil menggaruk2 kepala yang tidak gatal..
S.ked, mungkin kelihatan keren gelar tersebut, tapi kalian tau gelar S.ked itu belum bisa digunakan untuk bekerja di bidang keilmuan saya, sangat berbeda dengan sarjana teknik, sarjana pertanian, dll yang bisa langsung bekerja segera setelah skripsinya selesai, masih banyak sekali tahapan lain yang harus saya lalui, dan beberapa bulan lagi saya akan mengikuti program koass


“bingung kenopo to cah bagus?” suara om bowo membuat saya menoleh kearah beliau..
Om bowo dan tante sri selama menjelang dan sesudah acara lamaranku akan tetap tinggal di jogja untuk menyiapkan segala kebutuhan besok,

“nganu om, biasa lahh.. bingung mo cari kerjaan dimana, apa lagi kan beberapa bulan lagi udah mulai test lagi” jawab saya dengan gelisah..

“lha dari pada bingung cari kerja mending bikin kerjaan aja” jawab om bowo dengan santai, seolah ini adalah masalah sepele, bukanya ada pencerahan saya malah semakin gelisah, dan tiba2
Dddrrrrtttt.... ddrrrrttt, hp saya bergetar menandakan ada telepon masuk, saya merogoh saku dan melihat siapa penelfonya, siapa tau itu risa yang memberi kabar lowongan pekerjaan yang sesuai denganku... dan saya salah, ternyata nama yang tertera adalah Susi..

“weeehh, tumben ini anak, ada apa ya?” gumam saya sambil mengangkat telepon..

“haloo sus”

“haloo zal, lagi sibuk apa ini?”

“hem? Gak sibuk apa2 sih, kenapa sus?”

“egak sih, kalo mau ketemu kamu hari ini bisa enggak ya?”

Hemm? Kenapa dengan susi? Kenapa anak ini tiba2 mengajak saya ketemu?

“apa ada sesuatu sus?, sbenernya masih ngurus dokumen sih” jawab saya asal, karena sebenarnya saya malas keluar, apalagi dengan susi, saya takut jika risa tau malah ada salah paham..

“yaahh.. gimana sih zal, Cuma mau nawarin kerjaan sih zal, sapa tau kamu minat, tapi yaudah deh bye zall”

“eeiittt eeitt... kayaknya aku bisa nunda dokumenku sus, kamu dimana sekarang”jawab saya terburu2 karena tidak menyangka susi akan menawari hal yang sejak kemarin membuat saya pusing

“aku lagi di cafe XXXX buruan lho ya”

“ok sus..” jawab saya sambil tersenyum lebar dan menutup telepon penyelamat dari susi tadi..

Om bowo yang sedari tadi mengamati saya bertanya “ada apa le?,kok keliatan seneng banget?”

“ini namanya pucuk dicinta ulam pun tiba om ” jawab saya seraya pamit menyusul susi yang sudah menunggu saya...
***

Cafeitu tidak terlalu ramai, karena memang harimasih pagi, dan belumjam makan siang,hanya ada beberapa ABG yang bolos sekolah sedang asik dengan rokoknya, saya mentap sinis kelakuan abg2 itu, saya berjalan ke lantai 2 tempat dimana saya dan susi janjian, dan itu dia.. dia sudah menunggu dengan senyum manisnya,

“zallll” panggilnya sambil melambaikan tangan...
Saya menghampiri susi, seperti biasa tampilan susi sedari dulu bisa di bilang perfect, ditambah usanya yang semakin matang dia terlihat sangat menawan..

“udah dari tadi sus?” tanya saya berbasa-basi sambil menyalaminya
“yaa lumayan sih zal, nungguin kamu lama juga “

Kami ngobrol sejenak, mengenai hidup kami masing2 tidak perlu berpikir macam2, karena susi sudah move on, dia sudah memiliki calon suami, dan kami tidak lagi duduk berdua untuk ngobrol mengenai clbk dan sebagainya..

“kok kamu bisa pas banget si sus?” tanya saya untuk membuka pembicaraan serius

“pas banget gimana sih zal?”

“ya ini, aku lagi butuh kerjaan sebelum koass “

“hhi, iya aku tau, yang bentar lagi lamaran”

“loh kok kamu tau sus?” tanya saya sedikit kaget karena susi bisa sampai tau kabar ini secepat itu..

“hhi, ya kan aku temenya risa, gimana to kamu ini zal?”
Saya mengangguk paham, ternyata susi tau dari mulut comelnya risa,

“ya, trus kerjaanya apa nih sus?”

“ini zal” jawab susi sambil memberikan sebuah dokumen, dengan teliti saya membaca isi kertas A4 itu,

“guru sus?”


“Iya, guru zal, guru les buat anak2 sd, tapi jangan dikira di bimbingan belajar beken, ini yayasan belajar baru, tapi lumayan lah fee nya, gimana minat?” Tanya susi

Saya tersenyum membaca tulisan itu, menjadi guru untuk anak2 SD, yaa saya kira itu cukup bagus untuk permulaan..

“oke sus, gapapa aku mau, trus system pendaftaranya gimana ini?”

“dahh, gak usah pusing2 zal, aku dah bilang sama ownernya, kebetulan dia masih sodara dari calonku” kata susi sambil menyedot milkshakenya,

“oke sus, makasih banget sus.. yahhh dengan ini aku bisa lepas dari status pengangguranku, hhe”

“anytime zal” Susi mengangguk sambil memencet BB nya

“eehh.. sus calonmu orang mana sih?” Tanya saya dengan sedikit kepo dengan sudah mampunya susi move on..

“adadehh, tunggu aja undanganya besok, yaa pokoknya dia lebih keren dari pada kamu zal, pokoknya gak cupu” ejek susi dengan menggunakan gesture memakai kacamata.

‘dihh, emang aku cupu?”

“haha ya aku yakin semua orang bakal sependapat” tambah susi dengan tertawa sambil menutup mulutnya,

“ehhh zal, kalo udah kelar semua kamu mau kerja dimana sih?”

“hemp? Aku gak tau sih sus, aku pengen kerja di puskesmas aja, yang rada jauh dari sini, dan kalau memungkinkan besok entah kapan aku pengen buka praktek sendiri, tapi bukan didaerah sini, aku pengen ke luar pulau yang bener2 kekurangan…

Susi menyeritkan dahi, dan melepaskan bibirnya dari sedotan berwarna merah jambu itu..

“kok malah milih di daerah tertinggal zal?, sayang lho orang berbakat kayak kamu mending di rumahsakit yang gedean aja, pasti keterima deh.. aku yakin”

“yaaa.. itu tergantung sih sus, aku punya beberapa pertimbangan” jawabku sambil mengunyah kentang goreng yang masih panas yang baru saja disajikan…

“maksudnya zal?”

“ya mungkin bisa aja aku milih kerja di rumah sakit gede kalo memang kemampuanku cukup untuk itu, tapi aku pernah mikir ini sus, ada 2 pilihan.. apa aku bakal memilih ke tempat yang menguntungkan? Atau ke tempat yang membutuhkan?, dan aku rasa pilihan kedua lebih cocok buat aku sus, bukan berarti aku gak butuh duit, tapi aku ngerasa berutang sama Negara, aku merasa aku harus melunasinya dengan sedikit pengabdian yang bisa aku lakuin, dan semoga saja semua bisa aku wujudin setelah ini”

“trus risa gimana?, apa setuju? Kamu milih jalan kayak gitu?” Tanya susi lagi..

“kami bakal ngebangun mimpi kami ini sus, baik risa ataupun aku udah pernah sepakat, dan risa fine2 aja kalau mungkin besok bakal dapet suami yang seorang dokter miskin, tapi tentunya aku menghindari kemiskinan sus, sebisa mungkin keluargaku besok bakal sejahtera, mungkin terlalu naïf ya? Tapi ya biarin sus, aku udah milih itu, aku udah manteb di tujuanku, dan aku bakal terus usaha sampe bisa beneran kesampean, aku bakal terus memantaskan diri” jawab saya sambil menatap tajam mata susi..

Susi hanya diam, dia tidak berkomentar atau menjawab kalimatku tadi, dia hanya membalas tatapanku dengan ekspresi yang tidak bisa saya jelaskan..

“suss?... “panggil saya, berusaha memecah lamunanya..
Susi masih diam…

“suss….” Panggil saya lebih keras, hingga dia terlihat terkesiap..

“ada apa sih?” Tanya saya..

“kamu nyebelin zal, tau gak..” kata susi sambil memalingkan wajah..

“loh? Salahku apa to?”

“pokoknya nyebelin !!, zal.. aku balik dulu ya, kamu abisin dulu kentangmu itu, aku gak kuat kelamaan deket kamu, udah susah2 move on malah jadi gini kan rasanya, bye zal.. aku aja yang nraktir ini semua, good luck ya” susi berbicara dengan cepat, menyalamiku dan langung pergi dengan wajah memerah…

Dan saya dengan begonya Cuma bisa garuk2 kepala karena bingung dengan sikapnya susi. Tapi memang susi itu penyelamat, dan saya bersyukur dengan tawaran pekerjaan itu…

Saya iseng membuka hp dan mengirim bbm kepada risa

“nduk, lagi dimana?” send …..
….
…….
….
5 menit, 10 menit, hingga kentang dan jus jambu saya habis belum ada jawaban, mungkin lagi sibuk dia..
Begitu batinku dalam hati, saya memanggil pelayan dan memesan secangkir kopi untuk menemani saya duduk lebihlama, saya sedikit memikirkan kata2 susi tadi,

“trus risa gimana?, apa setuju? Kamu milih jalan kayak gitu?” begitu katanya, saya memikirkanya lagi dan lagi, cukup lama sampai kopi yang saya pesan sudah ada didepan saya,
“nduk, apa iya kamu beneran ikhlas aku milih jalan itu?” saya malah bicara sendiri,
Saya sejenak merenung, apakah saya terlalu idealis hinga melupakan realita kalau berkeluarga itu tidak semudah dan sesederhana yang saya bayangkan? Kamu harus tanggung jawab zal woiiii!! Suara didalam kepalaku seakan ikut protes, mo kamu kasih makan apa si risa?? Ada lagi suara lain yang mengganggu ketenanganku..

Heemmm.. tapi disisi lain, saya benar2 ingin mewujudkan mimpi2 kecil saya, …

Saya menimbang baik buruknya cita2 saya tadi, sampai hp saya berbunyi…

From : Risa
“baru aja selese urusan dib alai kota, mas dimana? Aku kesitu ya?”

Saya membalas pesan risa dan memintanya menyusul saya di kafe ini..
Tidak butuh waktu lama risa sudah sampai karena café itu tidak terlalu jauh dari balai kota..

“mas? Kok tumben sih?, ngapai disini?” Tanya risa setelah duduk dan memesan beberapa makanan.

“ini nduk, aku baru dapet kerjaan “ jawab saya sambil memberikan dokumen dari susi tadi..

Risa membaca kertas yang sudah saya lipat tadi, dan setelah selesai dia menggenggam tanganku sambil tersenyum..

“ciee.. jadi pak guru ini.. apapun itu mas, ak seneng” katanya dengan lembut…

Teman… kalian tau? Kalimat sederhana dari risa tadi benar2 menenangkan, mungkin akan sulit mencari wanita yang memiliki rasa pengertian sepertinya..

“nduk, tapi apa kamu juga seneng kalo besok harus pergi ikut aku keluar masuk kampung kayak yang udah kita omongin kemarin?, mungkin bakal banyak masalah nduk, dan prosesnya bakal susah, jujur aku ragu nduk, dan aku takut kalau aku gak bisa ngasih kehidupan yang layak buat kamu gara2 sikap idealisku ini”

“mas….” Risa menggenggam tanganku lebih erat sambil mengusapnya dengan lembut…

“Bukan menjadi apa aku besok yang aku risaukan, tapi dengan siapa aku besok menghabiskan hari tuaku. Mas, aku enggak takut menantang dunia, yang aku takutin menghadapi dunia seorang diri tanpa kamu mas” risa membelai pipiku, dan tersenyum.. wajahnya yang damai dan teduh menurunkan sedikit rasa cemasku…

“dan yang terpenting mas, aku percaya sama kamu… sama seperti kebanyakan orang diluar sana, semua orang yang mengenalmu pasti percaya sama kamu mas, percaya kalau kamu bisa menyelesaikan segala sesuatu yang kamu mulai, jangan takut mas, aku akan ikut kemana kamu pergi mas”

Saya terenyuh dengan jawaban dari risa, sejenak saya menyempatkan diri bersyukur kepada Allah, karena mengirimkan kaum hawa nan jelita ini ke dalam hiddupku…
Saya meraih tangan kananya, dan menciumnya dengan lembut..

“aku sudah mengenal hidup dalam kesepian nduk, dan aku nggak mau mengulanginya lagi dengan hidup tanpamu”


=== Cerita Selanjutnya ===